website statistics
Kebijakan retur (return policy) - Powered by PG Bantuan Software

Knowledgebase
Kebijakan retur (return policy)
Posted by PG Admin on 11 March 2014 11:12 AM

Beberapa kebijakan retur (return policy) sbb:

#1. Fokus ke solusi, bukan ke masalah.

  • Ada orang bilang: "shit happens!". Iya say, masalah itu PASTI terjadi.. Hanya tergantung sisi mana kita melihatnya; dan bagaimana kita bereaksi kepada masalah tersebut.
  • Jika tdk ada masalah, hidup itu akan bosan (tidak berwarna warni). Bayangkan kalau di dunia ini hanya ada satu macam warna: hitam dan putih.
  • Jika tdk ada hujan, mana mungkin ada pelangi. Ada sedih baru ada senang.
  • Masalah yg membuat kita tumbuh. Tanpa adanya masalah, kita tidak akan belajar.
  • Tidak ada yg sengaja berbuat kesalahan. Tantangannya adalah bagaimana kita hadapi ketika masalah itu terjadi. Bagaimana kita reaksi ataupun respons terhadap masalah itu yg menentukan sikap kita.
  • Saat terjadinya masalah akan membuka kedok/topeng seseorang. Setuju say? Jika semuanya dlm keadaan baik2, kita tdk akan melihat dia itu terbuat dari apa: eagle or donkey, mental pengusaha atau pekerja, mental org kaya atau miskin, bisa diandalkan atau menyalahkan, seorang victory (pemenang) atau victim (korban).

#2. Kita tidak ingin merusak hubungan dengan Anda (reseller/dropshipper kami).

  • Kita ingin menjaga hubungan yg harmonis, erat dan penuh cinta dengan Anda.
  • Kita tidak ingin berselisih, bertikai ataupun berdebat karena hal returan yg belum jelas kepastiannya.
  • Kita percaya bahwa Anda sebagai reseller/dropshipper adalah cukup bijaksana untuk tidak mendengar omongan sepihak belaka dari end-user Anda; bahwa Anda tidak secara langsung melihat kondisi itemnya yg ingin di retur (dari foto pun kadang bisa mis-guide / salah mengarahkan).

#3. Minta end-user anda kirimkan item returnya, kami akan putuskan kelayakan returnya setiba itemnya di tempat kami.

  • Jika memang layak di retur, kami akan menanggung semua biaya yang terjadi termasuk ongkos kirim dari dan ke end-user Anda.
  • Jika tidak layak di retur, end-user Anda akan dikenakan biaya admin sebesar Rp. 25.000,- dan beliau akan diminta untuk bayar ongkos kirimnya sebelum dapat kita kirimkan kembali item yg sama.

#4. Semua orang berbeda (hukum pareto principle: 80-20)

  • Jika Anda tunjukkan item yg PERSIS sama kepada 10 orang yg berbeda, hukum pareto menyatakan: 8 orang kasih feedback positif (2 sangat suka & cinta; 2 suka; 4 ok ok saja) dan 2 orang yg kasih feedback negatif (komplain/tidak senang/jelek/mau retur, dsb)

#5. Bandingkan apel dengan apel.

  • Anda tidak dapat membandingkan dengan original, yakni item Rp. 200.000 dibandingkan dengan item Rp. 2.000.000 ?
  • Bahkan item yg sama akan kelihatan berbeda saat dibuka dari packingan versus yg di soroti lampu spotlight di toko boutique (offline).

#6. Contoh kelayakan retur yg dapat diterima dan tidak layak.

  • Beberapa contoh retur yg layak: reseleting rusak (tidak bisa dibuka / tutup), berlumut / karatan yg tidak dapat dibersihkan, koyak besar, penyot sampai tidak bisa dibuka kembali.
  • Beberapa contoh retur yg tidak layak: warna tidak sesuai dgn yg diharapkan, ukuran terlalu besar/kecil, kotor, lipatan sedikit, jahitan miring sedikit, lipatan karena bahan dasar keras/kaku, motif berbeda sedikit, item terkena bekas lakban sedikit yg dengan mudah dibersihkan.

#7. Batas maksimal retur adalah 100rb per pieces.

Jika terjadi kasus retur yg layak, maka batas maksimal kita dapat membayar atau membiayai semua proses retur adalah sebesar 100rb per item.

  • Harap dpt dimaklumi bahwa profit kita pun tidak sampai 100rb, kita sudah berusaha yg terbaik namun pasti saja dpt terjadi kesalahan ataupun masalah. Yg penting adalah bagaimana kita respons terhadap masalah tersebut, dan kita yakin masalah itu lah yg akan membuat kita lebih kuat, lebih besar, lebih bertumbuh dan lebih dewasa. Jadi, kita selalu menganggap bahwa masalah itu adalah kesempatan utk belajar dan bertumbuh. Oleh karenanya, kita berani membayar lebih daripada profit yg kami dapat. Namun ada maksimalnya tentunya say. ^^ sip?? thanks!
  • Contoh kasus yg pernah terjadi dari pengalaman bahwa ada kasus utk customer di Irian Jaya yg ongkirnya saja pun sudah 72.500 per satu arah. Jika diproses retur dari sana ke gudang, dan gudang ke beliau -- totalnya sudah mencapai 150.000 plus.
  • Maksimal 100rb bukan berarti setiap kasus retur akan dibiayai 100rb say. Kalau begitu kita akan 'ek-ok' cepat. haha.. ^^ tergantung ya kasusnya say. Namun demikian, kita tetap akan berusaha utk tidak terjadi kasus say.

#8. Contoh kasus

Contoh kasus #1: tidak ada tali panjang / tali panjang rusak / aksesories tidak lengkap atau sejenisnya

Solusi:

Item yg kurang lengkap tersebut akan dikirim saat ada orderan anda selanjutnya. Jika tidak ingin menunggu, maksimal ongkir yg ditanggung adalah sebesar Rp. 20.000,-

Jika barang sudah soldout, maka akan diberikan diskon maksimal 20rb

Contoh Kasus #2: (coming soon)

(13 vote(s))
Helpful
Not helpful

Comments (6)
Yulia
27 April 2015 11:57 PM
tas yg sy order ada kerusakan pd resletingnya, langkah apa saja yg perlu dilakukan ?
PG Admin
28 April 2015 12:49 PM
Hrp kirim email ke peduligaya@gmail.com, atau isi form disini:
http://www.peduligaya.com/fashion/pages/Retur.html
thanks
ismaida (ridashop)
13 May 2015 08:04 AM
Met pagi PG Admin mau tanya ni klu orderan blm sampai dan status orderan t3rkirim but blm ada no resi gmn ? Mohon info
PG Admin
01 June 2015 11:22 AM
Kebijakan resi ada disini sis: http://peduligaya.com/bantuan/index.php?/Knowledgebase/Article/View/25/0/resi-pengiriman

Apakah sudah 2-7 hari kerja ? Jika iya, hrp email ke peduligaya@gmail.com utk supaya kita dapat follow up langsung ke kantor kurirnya. Thanks
eviana
04 June 2015 06:46 PM
Saya puas dgn barang yg dikirim,saya pesen BOO6688 5 buah,yg semuanya bagus,tp yg 1 kurang lengkap,tali panjang n tali rantai tdk ada,tp dompet yg paling kecil ada 2,gmn ini sis?
PG Admin
29 June 2015 03:54 PM
Hrp dpt follow up ke email peduligaya@gmail.com. Thanks
Post a new comment
 
 
Full Name:
Email:
Comments:
Software Bantuan oleh PeduliGaya.com Fashion